Belajar bahasa inggris susah?

Kalau kita pikir-pikir sepertinya sudah lama kita mengenal bahasa ini, minimal dari waktu SMP sudah mengenal, kita diajarkan ini itu dengan bahasa inggris, mengenal bagian tubuh kita mengenal lingkungan sekitar kita bahkan kita tau apa  artinya “i Love you” . Banyak sudah  vocabulary yang dikumpulkan minimal untuk percakapan, tapi rasanya sampai saat ini masih belum lancar berbahasa inggris dengan baik dan benar. (terutama bagi penulis itu sendiri). Apa yang salah yah. apakah cara kita belajarnya, metodenya, yang mengajarnya (… ups  maaf bapa ibu pengajar bahasa inggris tak ada maksud ), atau kita kurang motivasi. harus bagaimanakah semua ini.. oh my….
Jujur saja. saya mengalami seperti itu. mungkin perlu  adanya perubahan tingkah laku  dalam belajar bahasa yang satu ini. Saya mencoba memulai dari awal lagi. 

Pertama saya baca tensis secara gamblang artinya di kaji ulang  mulai dari present, past dan future, satu-satu saya pelajari dan amati, intinya supaya saya bisa mengucapkan kalimat-kalimat dengan baik dan benar mungkin EYD  kalo bahasa Indonesia itu. saya buka dokumen-dokumen , baik itu dari pelajaran SD, SMP dan seterusnya di buka lagi buku-buku pelajaran tersebut saya amati dengan seksama, berikut contoh-contohnya,  Selain itu saya buka blog-blog tentang pelajaran bahas inggris, bagaimana cara membentuk kalimat, idiom-idiom yang digunakan, frasa bahkan bahas-bahasa prokem juga saya pelajari.
Kedua,  saya buat catatan-catatan kecil di buku saku yang selalu di bawa-bawa, untuk mencatat ide atau apapun jika ada hal yang menarik aneh dan baru. ada kata baru saya catat. biar catatan itu menjadi kepanjangan dari pikiran saya, terus terang saya terkadang pelupa.
Ketiga  harus mempunyai kamus, lah iya ini sangat penting sekali biar kita bisa tahu arti dari suatu kata dalam bahasa inggris. beli saja yang murah yang bisa di bawa kemana-mana pocket dictionary. kan praktis juga tuh bisa masuk kantung celana  atau tas. Sewaktu kita butuh arti kata kita tinggal buka kamus saja. praktiskan dan   akan tahu langsung artinya. Oh yah, kita kan sudah punya Hand Phone atau HP lebih bagus tuh, pasti punyalah… tak perlu yang canggih canggih seperti touch screen atau tenologi yang terbaru lainnya yang penting HP tersebut sudah mengusung teknologi java. Kalau begitu kita langsung saja instal aplikasi kamus di HP kita, ini kan lebih praktis dan ekonomis. Banyak sekali aplikasi dictionary berbasis java diantaranya ;lkld;sfks;lf;k. nah dengan itu kita bisa langsung tau artinya.
Kempat, seharusnya kita punya komunitas berbahasa inggris , artinya kelompok teman-teman kita yang pnya antusias dalam menggunakan berbahasa inggris.  Minimal kita bisa berkomunikasi di lingkungan tersebut dengan menggunakan bahasa tersebut, pasti seru, kita kadang diam bahkan di campur adukan dengan bahasa indoonesia, tidak masalah yang penting kita mulai berlatih dengan kalangan kita sendiri. Katak apapun dalam bahasa inggris di komunitas tersebut.
belajar-bahasa-inggris-sambil-bernyanyi-0Kelima,  Diantara kita pasti senang menyanyi, senang nonton TV nonton DVD, membaca. nah ubahlah sedikit kebiasaan kita itu dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris banyak sekali, kalo kita tak faham bahasa nya karena terlalu cepat pengucapannya, carilah liriknya pasti seru deh, disamping kita belajar tentang speaking juga kita belajar mendengarkan ucapan mereka. Dan teruskan kebiasaan nonton TV apalagi kalo di rumahnya sudah dipasang TV berlangganan wah lebih seru tuh… buka chanel CNN, NHK dan sebagainya kita dengarkan cara pengucapan pembaca berita itu mulai dari gerak bibirnya sampai bunyi yang dikeluarkannya. Nonton Film pasti senang yah.. coba kalo filmnya baru.. biasanya kita memasang subtittle itu loh barisan teks pengucapan yang ada di bawah filmnya. Untuk belajar set saja ke dalam bahasa inggris supaya  mengetahui lafal penucapan artis di film tersebut.

Keenam, Bagaimana kalau kursus bahasa inggris, wah itu lebih baik. Dengan begitu kita bisa dibimbing lebih serius. kita bisa lebih tahu dan bisa bertanya lebih banyak kepada tutor tentang bahasa kita. kalo belajar sendiri jangan-jangan bahasa kita jadi kaku. Dalam suasana kursus kita bisa mengembangkan percakapan kita, vovalbulary kita dan perbaikan-perbaikan komponen bahasa inggris kita.
Ketujuh,  jangan malu untuk menggunakan bahasa ini, walaupun salah tak masalah, berani saja, biar saja orang lain mengatakan apapun toh nanti yang akan mendapatkan faedahnya kita sendiri. Kalu kita malu mengatakannya itu biasa tapi tekan saja perasaan itu. mau maju atau tidak nih.
kedelapan, kita harus punya motivasi untuk belajar bahasa ini. kira-kira buat apa, kita belajar bahasa ini. sebenarnya banyak kegunaan kalo kita sudah bisa berbahasa inggris, ya hitung –hitung sebuah insvestasi saja. Kalau dulu waktu sekolah kita belajar bahasa inggris dengan giat karena ada dorongan untuk mendapatkan nilai yang besar katakan sembilan atau sepuluh, sudah itu saja. setelah ulangan atau ujian selesai ya sudah tidak dipikirkan kembali, bahkan bukunya juga entah kemana, raib di telan bumi… hehehehe. Nah sekarang bagaimana motivasinya? untuk bergaul di masyarakat dunia, untk chatting dengan orang luar, membuka sumber-sumber pengetahuan dalam bahasa inggris, wah ternyata banyak sekali kalo kita sebut satu persatu.
Sebenarnya tidak terlalu sukar untuk belajar bahasa ini, asal ada kemauan, memang belajar itu sulit dan rumit tapi dengan teliti tekun dan rajin  pasti bisa. Saya  teresonansi oleh teman-teman yang sudah bisa bercas-cis-cus kenapa tidak, aku juga harus bisa dan mampu. walahhhhhh terdengar bombastis nih heheheh….  akhirnya.. marilah kita belajar bahasa ini ternyata tidak sulit yah…. selamat belajar.
yuga firdauzi april 2011

2 komentar:

  1. wahh,, tips yang sangatt kerennn . .
    mesti di coba bwt siapa ajahh yang pengenn sakti berbahasa inggriss,,, mari kawandhtt kita coba :D :D :D

    BalasHapus
  2. oke dilanjut saja selamat belajar bahasa inggris.. dont forget to karate exercise .....

    BalasHapus