Mari Menganalisis Butir Soal

Selesai Ulangan harian, Ujian tengah semester atau ujian akhir semester, guru atau pengajar biasanya di sibukkan dengan memeriksa hasil tes siswa. terbayang sibuknya seorang guru memeriksa hasil ulangan tersebut. Jika seorang guru memeriksa satu atau dua kelas tidak masalah tapi kalau lebih dari empat kelas pasti menyita waktu dan sangat repot. Apalagi  dilanjutkan dengan memeriksa analisis butir soal, bertambah banyak juga pekerjaan guru tersebut,  memasukan ke dalam daftar nilai. tapi itulah tugas seorang pengajar.

Dua atau tiga tahun ke belakang, mungkin untuk analisis butir soal dilakukan dengan cara manual. Guru akan memasukan hasil ulangan siswa  per poin  dengan cara memasukan manual jawaban siswa baik benar atau salah ke dalam sebuah tabel yang banyak dan panjang, setelah itu di jumlahkan dan dihitung secara statistik sederhana,hal ini membuat malas dan frustasi… (benar ngga yah), namun ada nilai tambahnya kita jadi terampil menghitung, membuat keputusan. Ada beberapa perhitungan secara manual dengan menggunakan tehink statistik sederhana. Dalam kesempatan ini tidak akan di bahas.
Untuk menganalisis butir soal menggunakan  komputer, dilakukan sangat praktis dan sederhana. dalam sekali langkah kita bisa mendapatkan berbagai kesimpulan seperti analisis butir soal itu sendiri, rangking siswa, nilai siswa dan lain sebagainya. Banyak cara yang dilakukan untuk analisisdengan bantuan komputer diantaranya.
  1. Iteman merupakan perangkat untuk menganalisis butir soal dan tes. Hasil analisis
    dengan iteman meliputi: a. Tingkat kesukaran b. Daya pembeda soal c. Statistic sebaran jawaban d. Reliabilitas tes e. Kesalahan pengukuran
    f. Distribusi skor setiap peserta tes. Program iteman didasarkan pada teori tes klasik. Kelemahan utama dari program ini adalah sangat dipengaruhi oleh kemampuan responden. Artinya jika soal diujikan pada anak berkemampuan tinggi dengan anak berkemampuan rendah maka akan terjadi perbedaan hasil analisis. Untuk mengantisipasi tersebut maka biasanya analisis soal dengan menggunakan iteman dilakukan secara sampling, dengan melibatkan kurang lebih 500 responden. Semakin besar sampling dan semakin baik teknik samplingnya maka. untuk unduh softwarenya klik di sini
  2. Anates inunduh disini di sini dan di sini

iteman1anates
3. Excel. program ini telah terpasang disetiap komputer PSC jika telah di install MS Office. Dan yang di jadikan analisis merupakan hasil rekayasa dari penggunaan rumus dan funsi yang ada di excel. dan jadilah sebuah software untuk analisis. untuk file nya bisa di unduh di sini.
Capture-3 4.  Analisis Secara Online, merupakan analisis berbasis web, bisa dilihat di alamat ini. untuk melihat screenshoot nya dapa dilihat di bawah ini.
Capture-4 5. Pilihlah jenis software yang memudahkan anda untuk melakukan analisis butir soal. selamat bekerja.

1 komentar:

  1. Siiip. Saya sdh biasa pakai software ini. OK juga.
    Salam pendidikan.

    BalasHapus